Membangun Universitas Bertaraf Internasional dan Menciptakan Perusahaan Berkelas Dunia Laboratorium Utama Nasional Sumber Daya Logam Energi dan Material Baru Telah Diresmikan di GEM
Publish Date:2024-04-30 Hits:257

Pada tanggal 29 April 2024, upacara peresmian Laboratorium Utama Nasional Sumber Daya Logam Energi dan Material Baru (selanjutnya disebut sebagai “LaboratoriumUtama Nasional”), hasil kerja sama antara Central South University dan GEM, telah diselenggarakan di Jingmen Park milik GEM. Profesor Chai Liyuan, profesor dari Akademi Teknik Tiongkok dan wakil presiden Central South University, Chen Jiawei, Wakil Sekretaris Komite Partai Kota Jingmen dan Walikota Jingmen, Profesor Lai Yuanqing, Direktur Laboratorium Pusat Nasional Sumber Daya Energi Logam dan Material Baru serta Profesor Xu Kaihua, Direktur Kantor Manajemen Aset Central South University, dan Profesor Xu Kaihua, Ketua GEM, bersama-sama meresmikan pembukaan Laboratorium Pusat Nasional tersebut. Zhou Junjie, Wakil Walikota Kota Jingmen, Sekretaris Komite Partai Zona Hi-Tech Jingmen dan Sekretaris Komite Distrik Duodao, Profesor Zhang Yimin, Direktur Komite Akademik Universitas Sains dan Teknologi Wuhan, Profesor Jiang Liangxing, Direktur Institut Logam Ringan dan Elektrokimia Industri dari Fakultas Metalurgi dan Lingkungan Central South University (CSU), Yu Wenwu, Direktur Kantor Pendidikan dan Pengembangan CSU, Profesor Liu Jianhong dari Universitas Shenzhen, serta Ms. Wang Min, salah satu pendiri, Pengendali Aktual Bersama dan Direktur Dewan GEM, bersama-sama hadir untuk menyaksikan acara tersebut.

Bendera Central South University (CSU) berkibar di atas GEM Park. Kedatangan akademisi Chai Liyuan dan delegasinya disambut hangat oleh lebih dari seratus orang, termasuk perwakilan alumni Hubei dari CSU, perwakilan dari kerjasama Pemerintah Indonesia-GEM-CSU yang kedua dan ketiga untuk program Magister Teknik Ilmu Material dan Teknologi Metalurgi, dan seluruh alumni CSU di GEM.

Dalam upacara peresmian tersebut, Profesor Lai Yuanqing, Direktur Laboratorium Utama Nasional untuk Sumber Daya Logam Energi dan Material Baru serta Direktur Kantor Manajemen Aset Central South University, menyampaikan pidato pembukaan. Profesor Lai Yuanqing memperkenalkan latar belakang strategis yang penting di balik pendirian laboratoriumutama nasional tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan dalam memastikan keamanan energi nasional dan mempromosikan pembangunan berkualitas tinggi, Central South University, dengan memanfaatkan akumulasi sejarah yang kaya dan fondasi profesional di bidang energi baru, berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di bidang bahan energi baru seperti GEM, dengan fokus pada permintaan untuk memastikan keamanan rantai pasokan energi dan rantai industri, universitas bersama-sama mendirikan laboratorium utama. Di antara hampir 200 unit yang mengajukan permohonan, laboratorium ini menonjol dan menjadi salah satu dari enam laboratorium utama pertama yang disetujui dan dibangun secara langsung, yang melambangkan inisiatif perintis di bidang ini. Di masa depan, laboratorium utama akan berfokus pada empat hal: ekstraksi sumber daya energi baru yang efisien, daur ulang sumber daya logam energi baru yang efisien, bahan konversi energi efisiensi tinggi, dan bahan penyimpanan energi elektrokimia. Laboratorium ini bertujuan untuk membangun dirinya menjadi pusat pelatihan bakat dan pengembangan teknologi yang terkemuka secara internasional di bidang daur ulang sumber daya energi baru dan bahan energi baru, membina bakat dan memfasilitasi transfer teknologi.

Ketua Xu Kaihua pertama-tama menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada semua pemimpin dan tamu yang berkunjung, dan kemudian berbagi mimpinya untuk mendirikan laboratorium utama nasional, yang telah beliau idam-idamkan selama satu dekade. Sepuluh tahun yang lalu, GEM mendirikan Pusat Penelitian Rekayasa Nasional untuk Daur Ulang Peralatan Listrik dan Elektronik (WEEE). Sekarang, setelah satu dekade, kami telah mewujudkan impian untuk mendirikan laboratoriumutama nasional, dan terlebih lagi, bekerja sama dengan almamater kami. Sekali lagi, hal ini membuktikan bahwa dengan dukungan almamater kami, mimpi dapat diwujudkan, prestasi besar dapat dicapai. Hal ini menegaskan kembali bahwa pada saat-saat penting ketika menjelajah dunia, almamater kami selalu menjadi cahaya penuntun, membantu para alumni mencapai kecemerlangan.

Ketua Xu Kaihua menyatakan bahwa dalam hidupnya, ia telah membuat tiga keputusan yang tepat. Pertama, belajar di Central South University (sebelumnya Central-South Institute of Mining and Metallurgy) lebih dari 40 tahun yang lalu, yang merupakan pilihan yang tepat. Kedua, memulai perjalanan kewirausahaannya di Jingmen 20 tahun yang lalu, yang juga merupakan keputusan yang tepat. Dan ketiga, mempelajari metalurgi, yang merupakan jalan yang tepat.

Ketua Xu Kaihua berbagi wawasannya tentang bagaimana meraih peluang di tengah perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan persaingan yang ketat di dalam industri ini. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya kejelasan mengenai tujuan seseorang. Beliau menyoroti bahwa industri ekonomi hijau dan sirkular adalah masa depan, dengan energi baru yang mirip dengan “kereta peluru”. Oleh karena itu, beliau menganjurkan untuk berfokus pada bahan energi baru, inisiatif hijau, dan upaya ekonomi sirkular. Selanjutnya, ia membahas pertanyaan tentang bagaimana cara melanjutkannya. Di era yang ditandai dengan persaingan ketat dan konsolidasi industri yang intens, inovasi adalah satu-satunya jalan menuju kesuksesan. Beliau menekankan bahwa platform inovasi tingkat nasional mewakili peluang terbaik untuk inovasi. Yang terpenting, beliau menegaskan pentingnya membina kolaborasi antara industri, akademisi, dan lembaga penelitian. Hal ini, menurutnya, membutuhkan pemanfaatan kekuatan almamater, dengan mengandalkan sumber daya dan keahlian Central South University untuk inovasi. Menurutnya, hal ini merupakan pilihan yang tepat bagi almamater dan para alumninya dalam konteks sejarah yang baru.

Ketua Xu Kaihua membuat tiga komitmen. Pertama, ia berjanji untuk menangkap dengan kuat peluang bersejarah untuk mendirikan Laboratorium Utama Nasional untuk Logam Energi dan Material Baru. Ia menyatakan tekadnya untuk berkolaborasi dalam membangun laboratorium yang sejalan dengan visi menciptakan universitas dan perusahaan kelas dunia. Beliau menekankan tujuan untuk mengembangkan laboratorium menjadi fasilitas penelitian dan pengembangan kelas dunia yang melayani bangsa dan industri di era persaingan baru dan pengembangan kekuatan produktif baru, yang mendukung pengembangan universitas dan perusahaan. Kedua, beliau berkomitmen untuk menggunakan Laboratorium Utama Nasional sebagai platform untuk membangun jembatan antara Tiongkok dan dunia, khususnya mendorong pertukaran antara Tiongkok dan Indonesia dalam industri, teknologi, dan budaya. Beliau menggarisbawahi pentingnya usaha GEM di Indonesia untuk memurnikan bijih nikel laterit untuk menghasilkan bahan energi baru, yang pada dasarnya adalah pemurnian logam energi baru. Ia menekankan bahwa usaha ke pasar internasional tetap mengandalkan kekuatan alumni, dengan memanfaatkan dukungan dari Laboratorium Utama Nasional.Dia membayangkan GEM melebarkan sayapnya secara global dengan dukungan dari Central South University, menggunakan kekuatan universitas dan teknologi rekayasa Tiongkok, khususnya teknologi material energi, untuk menerangi dunia. Ketiga, ia berjanji untuk menggunakan LaboratoriumUtama Nasional sebagai platform untuk memulai kolaborasi baru yang ekstensif dengan pemerintah kota Jingmen. Kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong peningkatan dan transformasi energi baru Jingmen dan industri produktif berkualitas baru, memfasilitasi transisi industri energi baru dan logam energi Jingmen dari skala lokal ke skala global. Upaya ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pengembangan Jingmen.

Sepuluh tahun yang lalu, Akademisi Chai Liyuan menghadiri upacara pendirian Pusat Penelitian Rekayasa Nasional Daur Ulang Peralatan Listrik dan Elektronik (WEEE) di GEM. Hari ini, beliau kembali ke GEM untuk menyaksikan peresmian Laboratorium Utama Nasional. Akademisi Chai Liyuan mengucapkan selamat kepada GEM atas keselarasannya yang cepat dengan kebutuhan utama negara selama dekade terakhir, mencapai pengembangan terobosan dari pengolahan limbah elektronik hingga pembuatan ulang energi baru dan material baru. “Profesor Xu Kaihua, seorang alumni yang luar biasa dari Central South University, telah menciptakan sebuah perusahaan luar biasa yang memiliki dampak global yang signifikan!” Akademisi Chai Liyuan mengungkapkan perasaan “terharu”, “bangga”, dan “terkejut” selama kunjungannya ke GEM, dan meringkas peran penting yang dimainkan GEM dalam bidang ekonomi sirkular dalam tiga kalimat. “GEM adalah contoh yang bagus dalam menerapkan strategi nasional untuk membangun kota dan masyarakat yang bebas sampah.” Presiden Xi Jinping memuji GEM selama inspeksinya pada tahun 2013, terutama memuji GEM untuk“Mengubah sampah menjadi sumber daya, mengubah limbah menjadi kekayaan”. Hal ini sepenuhnya menunjukkan komitmen GEM terhadap strategi utama nasional dan strategi melindungi keamanan sumber daya nasional.“GEM adalah praktisi yang patut dicontoh dari strategi yang digerakkan oleh inovasi.”Hal ini terlihat dari integrasi GEM antara produksi, kehidupan, dan ekologi, serta inovasi dalam konsep, budaya, manajemen yang disempurnakan, dan kemajuan teknologi. Dari teknologi tradisional dengan proses yang singkat hingga manufaktur cerdas yang canggih, GEM telah menciptakan“pabrik tanpa awak”dan“pabrik mercusuar”, yang memimpin kemajuan pesat negara ini dalam strategi yang didorong oleh inovasi dan memandu perkembangan teknologi global industri energi baru.“GEM adalah praktisi teladan dari inisiatif‘Sabuk dan Jalan’.”Dari Jingmen ke seluruh negeri, dan dari Tiongkok ke dunia, GEM telah memulai perjalanan pengembangan terintegrasi dalam industri, teknologi, dan budaya. Cara pengembangan ini melambangkan semangat inisiatif“Belt and Road”dari Presiden Xi Jinping. Secara khusus, Program Magister Internasional Teknik Metalurgi yang didirikan bersama oleh Central South University, pemerintah Indonesia, dan GEM telah memainkan peran penting dalam memimpin pendidikan Tiongkok ke dunia. Sebagai penutup, Akademisi Chai Liyuan menyampaikan harapan terbaiknya kepada GEM di bawah kepemimpinan Ketua Xu Kaihua, dengan harapan dapat mencapai tujuan transisi dari 30 miliar RMB menjadi 30 miliar USD. Selain itu, ia mengantisipasi bahwa melalui kerja sama yang mendalam antara Central South University dan GEM, integrasi komprehensif antara industri dan akademisi akan dipromosikan. Bersama-sama, mereka dapat membangun universitas kelas dunia dan menciptakan perusahaan kelas dunia, memberikan kontribusi yang luar biasa untuk keamanan sumber daya logam dan energi global, strategi perkotaan bebas limbah dan rendah karbon, sehingga membangun warisan keunggulan bersama di bidang akademis dan industri. Walikota Chen Jiawei dalam pidatonya mengatakan bahwa pendirian Laboratorium Utama Nasional di Jingmen merupakan tonggak penting dalam sejarah inovasi ilmiah dan teknologi di kota tersebut. Selama 20 tahun terakhir, GEM telah membuat kemajuan yang luar biasa di Jingmen. Perusahaan-perusahaan terkemuka seperti GEM telah berkontribusi menjadikan Jingmen sebagai kota dengan perusahaan terbanyak yang terdaftar di“500 Perusahaan Cina Teratas”di Provinsi Hubei, setelah Wuhan. Saat ini, Kota Jingmen secara aktif menanggapi posisi Komite Partai Provinsi dan Pemerintah Provinsi untuk“membangun zona percontohan untuk transformasi dan peningkatan industri”di Jingmen. Kota ini mempromosikan perusahaan-perusahaan terkemuka seperti GEM untuk fokus pada rantai industri utama seperti daur ulang baterai energi baru, yang bertujuan untuk menciptakan rantai industri inovasi teknologi dan platform rantai pasokan. Selain itu, secara aktif mendorong GEM untuk menjadi satu-satunya perusahaan kelas dunia di Kota Jingmen. Walikota Chen Jiawei menyatakan harapannya bahwa dengan diresmikannya Laboratorium Utama Nasional hari ini, kerja sama antara Central South University, Jingmen, dan GEM dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi.

Laboratorium Utama Nasional untuk Sumber Daya Logam Energi dan Material Baru adalah salah satu platform inovasi penelitian dan pengembangan energi nasional pertama yang diumumkan oleh Administrasi Energi Nasional untuk periode Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025). Laboratorium ini akan menjawab tuntutan strategis yang signifikan untuk keamanan dan stabilitas rantai industri dan rantai pasokan energi baru Tiongkok. Tujuannya adalah untuk membangun platform internasional terkemuka untuk penelitian dan inovasi dalam sumber daya logam strategis dan bahan baru untuk energi baru. Ini akan fokus pada empat arah utama: ekstraksi sumber daya logam strategis yang efisien untuk energi baru, daur ulang sumber daya sekunder yang sudah tidak terpakai untuk energi baru, bahan konversi energi canggih, dan bahan penyimpanan energi elektrokimia canggih. Fokus ini bertujuan untuk mencapai inovasi orisinal dan terobosan dalam teknologi utama.

GEM memiliki fondasi yang kuat di bidang sumber daya logam energi dan material baru. Kolaborasi bersama dengan Central South University ini merupakan langkah penting untuk memajukan kemajuan ilmiah di sektor energi nasional. Ini menandai ketiga kalinya GEM disetujui untuk platform penelitian dan pengembangan inovasi tingkat nasional, setelah pendirian Pusat Penelitian Rekayasa Nasional Daur Ulang Peralatan Listrik dan Elektronik (WEEE) dan Pusat Teknologi Perusahaan Nasional.

Perwakilan dari Asosiasi Pengusaha Alumni Central South University, alumni Central South University, pejabat pemerintah dari departemen terkait di Kota Jingmen dan distrik-distriknya, serta perwakilan dari angkatan kedua dan ketiga dari Program Master Internasional yang Dibina Bersama CMMAI-GEM-CSU di bidang Ilmu Pengetahuan Bahan dan Teknik Metalurgi, serta seluruh alumni Central South University dari GEM, menghadiri acara tersebut.

Foto 1 Upacara peresmian Laboratorium Utama Nasional untuk Sumber Daya Logam Energi dan Material Baru

Foto 2 Akademisi Chai Liyuan, Walikota Chen Jiawei, Profesor Lai Yuanqing, dan Ketua Xu Kaihua bersama-sama meresmikan LaboratoriumUtama Nasional

Foto 3 Akademisi Chai Liyuan menyampaikan pidato

Foto 4 Walikota Chen Jiawei memberikanpidato

Foto 5 Professor Lai Yuanqing memberikanpidato

Foto 6 Ketua Xu Kaihua memberikan pidato

Foto 7 Akademisi Chai Liyuan dan delegasinya mengunjungi Museum “Pertambangan Perkotaan” di GEM

Foto 8 Akademisi Chai Liyuan dan delegasinya mengunjungi Pusat Pelatihan Internasional GEM, di mana mereka mengadakan pertukaran persahabatan dan berfoto bersama dengan para siswa Indonesia yang sedang belajar di sana

Socials

BottomGraphic · MainBusiness · CentralScroll ·

Pengenalan GEM Guangdong ICP No. 11096806-1©2008-2021 GEM Co., Ltd. All rights reserved

Hubungi Kami

Alamat:Sopo Del Tower A Lantai 22 Unit A, Jalan Mega Kuningan Barat 3 Lot 10.1-6 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950

Telepon:+62-2150806594

Follow Kami

Scan Kode QR

BottomGraphic · MainBusiness · CentralScroll · Pengenalan GEM Guangdong ICP No. 11096806-1©2008-2021 GEM Co., Ltd. All rights reserved